Hulu Hilir Pengelolaan Hutan Rakyat Bersertifikat, Sawmill KWML Sudah Beroperasi

Playen-20130519-003151KWML telah mengelola Unit Penggergajian Kayu Rakyat yang berlokasi di Desa Dengok Gunungkidul. Izin Usaha Industri Primer Hasil Hutan Kayu (IUIPHHK) bernomor 188/1409 dari Gubernur DIY tertanggal 6 Maret 2013 telah dimiliki oleh Sawmill KWML. Selanjutanya, KWML juga telah memiliki Tenaga Teknis Penerbit Faktur Angkutan Kayu Olahan (FAKO). Dengan demikian, KWML sudah siap memasuki dunia perdagangan kayu olahan.
Untuk pengolahan kayu olahan menjadi produk-produk jadi, seperti mebel, kusen, pintu, jendela, KWML memiliki unit industri lanjutan, kelompok usaha bersama (KUB), dan industri rumah tangga yang telah memproduksi. Terdapat 4 KUB di Desa Dengok, Kedungeris, dan Girisekar. Sementara, industri rumah tangga banyak tersebar di desa-desa di Gunungkidul.
“Seperti diketahui, KWML mengelola hutan rakyat lestari dan telah memperoleh sertifikat PHBML dan VLK dengan luas lebih dari 1.000 hektare di 34 dusun di 7 desa. Artinya, dari sisi bahan baku kayu bulat, tidak ada kendala dan dijamin legalitasnya,” kata Sugeng Suyono, Ketua KWML.
Atas dukungan Pemerintah Gunungkidul, LSM, dan perguruan tinggi, KWML dapat mewujudkan gagasan pengelolaan hutan rakyat secara terpadu dari hulu hingga hilir.
Untuk pengembangan mesin dan bangunan kantor, serta ruang pelatihan, KWML telah dibantu oleh Kedutaan Jepang. Ke depan, KWML siap menjadi lokasi pembelajaran pengelolaan hutan rakyat lestari yang menampilkan pengelolaan terpadu. Harapannya, koperasi ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi para anggotanya dalam pengelolaan hutan rakyat. (ewn)

 

Berbagi dengan teman:

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>