Asosiasi Pengusaha Kehutanan Handayani

Kebutuhan untuk melakukan transformasi petani hutan menjadi pengusaha hutan menjadi penting untuk dilakukan. Hal ini karena posisi petani tidak bisa hanya sekedar menanam pohon, lebih dari itu, yaitu juga mengelola penebangan dan pasca tebang. Menanam pohon bukan sekedar “tabungan” namun diposisikan sebagai sebagai investasi.
Untuk itu, Shorea mendorong terbentuknya sebuah wadah untuk langkah transforamsi tersebut melalui asosiasi kehutanan. Asosiasi terdiri dari kelompok tani hutan negara dan hutan rakyat, pedagang kayu, dan industri kecil dan menengah di Kabupaten Gunungkidul. Langkah ini juga didukung oleh Pemda Gunungkidul.
Asosiasi ini dinamakan Asosiasi Pengusaha Kehutanan Handayani atau disebut ASPEK Handayani.
Ketua ASPEK “Joko Pitoyo” mengatakan bahwa asosiasi ini dapat menjadi sarana belajar bersama sekaligus sarana memperlancar usaha perkayuan di Kabupaten Gunungkidul.” Sekretariat ASPEK berada di Ngawen Gunungkidul.

Berbagi dengan teman:

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>