Paguyuban Petani HKm “Bukit Seribu” Kabupaten Gunungkidul Segera Meremajakan Kepengurusan

Jogja, 23 Januari 2015

Setelah 2 periode kepengurusan atau kurang lebih 6 tahun dipimpin oleh Bapak Ngabdani, Paguyuban Petani HKm “Bukit Seribu” akan segera melaksanakan pergantian kepengurusan. Kegiatan pemilihan pengurus tersebut dilaksanakan pada Hari Sabtu, 24 Januari 2015 bertempat di Sekretariat Paguyuban yang beralamat di Kantor Koperasi Sedyo Lestari, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul.

Rapat persiapan peremajaan kepengurusan
Rapat persiapan peremajaan kepengurusan

Peremajaan pengurus diharapkan bisa memperkuat peran paguyuban dalam memfasilitasi 35 kelompok tani HKm di seluruh wilayah Kabupaten Gunungkidul. Secara khusus, Ketua II Bapak Tambiyo berharap kepengurusan mendatang bisa memperbaiki transparansi keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada anggota.

Paguyuban yang terbentuk pada tanggal 29 Desember 2008 ini mengemban visi dan misi sebagai berikut:

Visi: Terwujudnya pengelolaan hutan kemasyarakatan yang diakui dan berkeadilan untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Misi: Mewujudkan kerjasama para pihak dalam upaya pengelolaan hutan kemasyarakatan, sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, dengan membangun komunikasi, peningkatan kapasitas dan partisipasi multipihak

Tujuan:

  1. Memfasilitasi komunikasi para pihak untuk penyelenggaraan HKm
  2. Melakukan advokasi/pendampingan dalam kebijakan pengelolaan hutan
  3. Meningkatkan kemampuan teknis pengelolaan HKm
  4. Memfasilitasi pengembanganproses produksi, usaha dan akses pasar.

 (ZNR)

Berbagi dengan teman:

Share This: