Bupati Gunungkidul dan Minister Kedutaan Jepang Meresmikan Gedung Pertemuan Sawmill KWML

Kamis (30/01/2014) Bupati Gunungkidul Hj. Badingah meresmikan Gedung Pertemuan Sawmill KWML di Jalan Raya Playen-Getas, Desa Dengok, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Bangunan tersebut merupakan bantuan dari Kedutaan Jepang untuk Indonesia. Perwakilan Kedutaan Jepang Minister Mr. Ushio Shigeru hadir untuk menyerahkan bantuan berupa kantor beserta peralatan penggergajian kayu rakyat.

Hibah tersebut dalam rangka mendukung pengelolaan hutan rakyat secara lestari oleh Koperasi Wana Manunggal Lestari  (KWML) Gunungkidul. Hibah dari kedutaan dikelola oleh Perhimpunan Shorea, untuk kemudian diserahkan hasil proyek hibah tersebut kepada KWML.

Koperasi yang berdiri sejak tahun 2006 tersebut merupakan unit yang mengelola hutan rakyat dari hulu ke hilir. Kegiatan mulai dari melakukan penanaman, pemeliharaan, penebangan, hingga pengolahan kayu.

Areal kelola hutan rakyat oleh KWML seluas 1.153,32 hektar hutan rakyat bersertifikat Pengelolaan Hutan Lestari pada 4 desa , serta areal sertifikasi VLK seluas 1.236,25 hektar pada 6 desa. Hutan rakyat yang dikelola secara lestari ini dibatasi penebangan pohonnya maksimal sebesar 120 meter kubik kayu, untuk menjaga kelestarian produksi dan kelestarian lingkungan.

Melalui bantuan kedutaan Jepang ini, KWML memiliki unit penggergajian kayu yang digunakan untuk meningkatkan nilai tambah kayu. KWML dapat menjual kayu gergajian dengan harga yang kompetitif, karena didukung oleh sumber bahan baku kayu bulat yang berasal dari hutan rakyatnya.

Berbagi dengan teman:

Share This: