Pembangunan Sawmill Koperasi Wana Manunggal Lestari mendekati tahap akhir

spanduk 25 Gunungkidul, 14 September 2013

Pembangunan sawmill Koperasi Wana Manunggal Lestari (KWML) mendekati tahap akhir dengan selesainya bangunan kantor, ruang pamer (showroom) dan ruang pertemuan. Sebagai ungkapan rasa syukuran kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari Sabtu, 14 September 2013 diadakan acara syukuran bertempat di ruang pamer sawmill tersebut. Undangan yang menghadiri acara tersebut adalah perwakilan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gunungkidul, Perangkat Desa Dengok, Pengurus KWML dan penggiat pengelolaan hutan rakyat lestari dari Perhimpunan SHOREA dan Pusat Kajian Hutan Rakyat Fakultas Kehutanan UGM. Para pekerja bangunan yang terlibat dalam kegiatan sawmill tersebut juga turut hadir untuk meramaikan acara.

Sambutan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gunungkidul
Sambutan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gunungkidul

Puji Raharjo selaku penanggunggjawab pembangunan sawmill berharap sawmill yang dibangun bermanfaat bagi masyarakat Desa Dengok dan sekitarnya serta Kabupaten Gunungkidul pada umumnya. Warga sekitar sawmill bisa menggunakan fasilitas ruang pertemuan untuk kegiatan warga dengan menghubungi pengelola sawmill.
Dalam sambutannya, Bapak Taufik JP dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gunungkidul menyampaikan dukungan pemerintah daerah dalam pengembangan hutan rakyat dan industrinya. Pengembangan industri diharapkan bisa memberi nilai tambah hasil hutan kayu dari hanya sekedar menjual kayu gelondongan sekarang bisa menjual kayu olahan. Yang paling penting menurut beliau, produk hasil hutan rakyat yang diperdagangkan harus dijamin legalitasnya untuk meningkatkan kelestarian pengelolaan hutan rakyat.
ingkung 25 Acara syukuran ditutup dengan do’a bersama dan bersantap hidangan ala kadarnya. (ZNR)

Berbagi dengan teman:

Share This: